1

manajemen kelembagaan

Posted by YULFA UPA (yulfa sari tarigan) on 03.08


MANAJEMEN KELEMBAGAAN
Pengertian Manajemen.
Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
Pengertian kelembagaan
Kelembagaan merupakan suatu tatanan dan pola hubungan antara anggota masyarakat atau organisasi yang saling mengikat yang dapat menentukan bentuk hubungan antar manusia atau antara organisasi yang diwadahi dalam satu organisasi atau jaringan dan ditentukan oleh faktor-faktor pembatas dan pengikat berupa norma, kode etik atau aturan formal maupun informal untuk pengendalian perilaku sosial serta insentif untuk bekerjasama dan mencapai tujuan bersama.
Manjemen kelembagaan adalah suatu proses bekerja sama melalui orang lain atau sumber daya lainnya, dengan suatu tatanan dan pola hubungan antar masyarakat atau organisasi yang saling mengikat sehingga terbentuk hubungan antar manusia atau organisasi dalam suatu wadah yang didalamnya terdapat faktor-faktor pembatas dan memiliki tujuan bersama.
Peran kelembagaan sangat penting dalam mengatur sumberdaya dan distribusi manfaat, untuk itu unsur kelembagaan perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan potensi desa guna menunjang pembangunan desa. Dengan adanya kelembagaan petani dan ekonomi desa sangat terbantu dalam hal mengatur silang hubungan antar pemilik input dalam menghasilkan output ekonomi desa dan dalam mengatur distribusi dari output tersebut.
upaya peningkatan efisiensi pemanfaatan sumberdaya tidak dapat dilakukan oleh masing-masing petani, tetapi harus melalui kelompok. Kelompok tani merupakan organisasi petani yang bersifat non formal yang terdiri dari kumpulan petani yang tumbuh berdasarkan keakraban dan keserasian serta kesamaan kepentingan dalam memanfaatkan sumber daya pertanian untuk bekerja sama meningkatkan produktivitas usahatani dan kesejahteraan anggotanya. Prinsip Dasar Pemberdayaan Kelompok Tani Kakao Pemberdayaan kelompok tani akan efektif apabila dapat diciptakan iklim yang kondusif di dalam lingkungan kelompok tani, seperti saling mempercayai, saling mendukung antar anggota dan pengurus kelompok tani dengan pembinanya (penyuluh, petugas lainnya) sehingga pembinaan terhadap kelompok senantiasa tidak mengalami kegagalan. Keberadaan dan keberhasilan kelompok tani buah sangat ditentukan oleh peran serta aktif anggotanya. Sedangkan para pendamping yang memiliki peran sebagai fasilitas hanyalah sebagai pendukung untuk terciptanya tujuan yang diinginkan kelompok. Kelompok tani sebagai kelompok swadaya masyarakat tumbuh dan berkembang berdasarkan prinsip dari petani, oleh petani dan untuk petani. Di dalam kelompok tani perlu ada aturan tertulis maupun tidak tertulis sebagai pegangan dalam mewujudkan cita-cita bersama. Membangun masyarakat agribisnis pedesaan memerlukan para petani yang tangguh melalui kelompok tani



1 Comments


Bagus kak, kalo boleh saran masukan citation/ daftar pustakanya

Posting Komentar

Copyright © 2009 BERBAGI ITU INDAH All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.